Mesin Wudhu Otomatis

Di zaman sekarang banyak sekali barang-barang yang canggih sehingga manusia semakin mudah dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. Hampir setiap beberapa bulan pabrik sepeda motor  mengeluarkan produk baru begitu juga dengan pabrik elektonik seperti handpone.  Tetapi syukurlah pada tahun 2010  lalu sebuah perusahaan Malaysia, AACE Technologies sukses meluncurkan mesin wudhu otomatis.
Mesin itu berwarna hijau dan berornamen.  Ada 2 bak di mesin itu, bak untuk cuci tangan di atas dan bak untuk cuci kaki  bawah. Di tiap bakada keran yang di  lengkapi sensor. Air hanya akan dikeluarkan jika kaki atau tangan berada di  bawah kran itu. Mesin wudhu otomatis ini dibanderol seharga US$ 3 ribu – US$ 4 ribu (Rp 28 juta – 38 juta).

Alat ini juga bisa mengeluarkan suara ayat-ayat Al-Quran yang sudah direkam. Mesin wudhu itu memiliki tinggi 1,65 meter dan membutuhkan 1,3 liter air untuk sekali wudhu. “Saat musim haji, 2 juta orang menggunakan 50 juta liter air per hari untuk wudhu. Kalau mereka memakai mesin ini, mereka akan berhemat 40 juta liter air per hari. ”imbuh Kepala AACE Anthony Gomez.
Gomez mengatakan, ia mendapatkan ide pertama untuk membuat mesin wudhu ini ketika ia sedang dalam perjalanan dari Taba, Mesir ke Aqaba, Yordania dengan menggunakan ferry.
"Semuanya berawal ketika tim kami dikontrak untuk membuat pintu kokpit oleh sebuah perusahaan penerbangan Mesir di Taba," kisahnya.
Setelah kontrak itu selesai, Gomez memutuskan untuk berkunjung ke Aqaba. Tapi saat itu ia ketinggalan ferry yang cepat dan terpaksa naik ferry yang lambat, yang sedang mengangkut para jamaah yang akan pergi umrah ke Makkah.

"Toiletnya sangat kotor dan ramai. Banyak parajamaah yang berwudhu dengan menggunakan wastafel dan berdiri di atas lantai yang kotor, yang sama sekali tidak higienis," sambung Gomez.
"Meski saya bukan Muslim, saya sedih melihat mereka karena keyakinan di setiap agama harus menyembah dan mengabdi pada satu Tuhan," kata Gomez lagi.
Setelah kembali ke Australia, Gomez bertekad untuk memproduksi mesin wudhu yang canggih dengan menggunakan teknologi tinggi agar bisa juga menghemat waktudan air.
"Makkah dan Madinah sering kali ramai pengunjung, bayangkan jika hamper dua juta orang berwudhu dan ini sangat sulit. Di sistim kami, hanya butuh tiga menit untuk berwudhu dengan layak," ujarnya.
Gomez mengaku sudah berkonsultasi dengan Dewan Islam di Australia sebelum ia mengerjakan penemuan barunya itu. Menurutnya, Dewan Islam Australia sudah mengeluarkan fatwa yang membolehkan mesin wudhu itu.
Mengomentari mesin wudhu otomatis temuan Gomez, ulama Mesir Syeikh 'Abdul-Khaliq Hasan Ash-Sharif mengatakan, dia tidak melihat hal yang salah dalam penggunaan mesin wudhu itu sepanjang pilar-pilar dasar yang disyaratkan untuk berwudhu diperhatikan dengan benar.
"Ada aspek-aspek spiritual dari berwudhu yang harus diperhatikan oleh mereka yang menggunakan peralatan modern," katanya pada Islam online.
Syeikh Hassan Asy-Syarif menegaskan, umat Islam sendiri tidak perlu terpecah belah hanya kerena mesin-mesin modern dan umat Islam tidak perlu kehilangan semangat spiritualitasnya dengan menggunakan peralatan modern seperti mesin wudhu otomatis itu.
"Umat Islam yang menggunakan mesin ini tidak boleh lupa bahwa mereka sebenarnya sedang melakukan salah satu bentuk peribadatan dan bukan sekedar kegiatan rutinitas membersihkan badan," jelasnya.

Yang dimaksud aspek spiritual itu, Syeikh Hassan Asy-Syarif mengungkapkan sebuah hadist shahih yang mengatakan bahwa dosa seseorang akan diampuni ketika tetesan air jatuh dari bagian-bagian tubuh orang yang berwudhu.
From: Nograhany Widhi K –detik News dan sumber lain..

0 komentar:

Posting Komentar

 
KEROHANIAN ISLAM SMA NEGERI 2 PATI © 2011 Theme made with the special support of Maiahost for their cheap WordPress hosting services and free support.