PEMIMPIN SEJATI

  Pemimpin, siapa sih yang gak tau pemimpin? Ayo tunjuk jari?
  Pemimpin adalah seseorang yang mempunyai kecakapan khusus dari yang lain untuk mengelola suatu kelompok atau kaum menuju tujuan yang disepakati bersama dari kelompok tersebut.  Dalam pandangan islam pemimpin atau khalifah atau imam merupakan amanah dan tanggung jawab. Baik bertanggung jawab secara horizintal dengan manusia, maupun bertanggung jawab secara Vertikal dengan sang pencipta sesuai dengan Hadis riwayat Ibnu Umar ra.: Dari Nabi saw. bahwa beliau bersabda: Ketahuilah! Masing-masing kamu adalah pemimpin, dan masing-masing kamu akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang dipimpin. (Shahih Muslim)
Dari hadits tersebut sudah tercantum bahwa masing-masing pribadi adalah pemimpin. Secara sederhana adalah memimpin diri sendiri yang pada hakikatnya adalah beribadah kepada sang pencipta. Sudahkan kita memimpin diri kita dengan baik? Belum sepatutnya kita memimpin orang lain jika diri kita sendiri belum kita pimpin/bina dengan baik.
Kalo ciri-ciri pemimpin islam, itu beda ama perspektive barat. Oooh jelas. Sebagai khalifah itu harus Konsisten (istiqamah) Membela yang Benar. Konsisten menegakkan keadilan. Jujur, adil dan sederhana. Pemimpin yang rendah hati. Tidak serakah dan tidak hidup mewah. Seperti sirah dari pemimpin pasukan muslim dalam perang salib, yaitu Salahudin Al-Ayyubi. Saat beliau wafat, para pengurus jenazah sempat tercengang-cengang mengetahui bahwa harta beliau hanya selembar kain kafan dan uang senilai 66 dirham (mata uang Suriah waktu itu) yang selalu  dibawanya dalam setiap perjalanan. Dan harta itu tidak cukup untuk menyelesaikan biaya pemakaman.
Fungsi dari pemimpi adalah mempengaruhi, mengarahkan, menggerakkan,  memotivasi, memberikan rasa aman dan adil agar melakukan sesuatu yang mengarah kepada tujuan yang ditentuka bersama. Namun dari fungsi seorang pemimpin yang  sebenarnya, berbeda jauh dengan pemimpin pemimpin kebanyakan pada zaman sekarang. Mereka hanya mementingkan keperluan pribadi atau kelompok dari jabatan yang diembannya. Mereka tidak mengetahui dan tidak ingin tahu apa sebenarnya seorang  pemimpin itu. Lihat saja para pemimpin sekarang, banyak yang korupsi uang rakyatnya. Padahal rakyatnya kelaparan dan sangat membutuhkan uang tersebut. Sungguh menyedihkan.
Dengan pemimpinlah suatu kelompok atau yang dipimpin tersebut terkoordinasi dengan baik. Namun harus pemimpin yang ideal.  Bukan pemimpin yang memberi oleh-oleh pada rakyat saat pemilihan. Pemimpin dapat menjadi titik penentu keputusan dari suatu kelompok. Namun wewenang seorang pemimpin tidak mutlak dan harus memperhatikan pandangan anggota. Tanpa peran aktif dari anggota atau yang dipimpin suatu kelompok tidak akan berjalan. Tanpa peran aktif dari pemimpinpun akan sulit berjalan. Jadi semua pihak sangat berpengaruh dalam suatu kelompok. Bagaimana dengan kita? Sudahkan kita menjadi pemimpin yang baik untuk diri kita sendiri?

0 komentar:

Posting Komentar

 
KEROHANIAN ISLAM SMA NEGERI 2 PATI © 2011 Theme made with the special support of Maiahost for their cheap WordPress hosting services and free support.