Pesan Terindah dari Sel Eukaryotik

         Mungin dalam pelajaran Biologi kita sering mendengar kata sel eukaryotik dan kalimat sistem syaraf manusia, sedangkan struktur atom sendiri ada dalam pelajaran Kimia. Taukah kita jika ada pesan besar yang ada disana? Mari kita mulai dari Sel.
Dalam Biologi sudah dijelaskan bahwa sel eukariotik berukuran sangat kecil bahkan untuk melihatnyapun kita harus menggunakan mikroskop. Tapi lihatlah pesan dibalik si super kecil ini. Setiap sel eukariotik (sel hewan dan tumbuhan) mempunyai struktur yaitu membran sel, sitoplasma, dan organel. Membran sel,
sitoplasma, dan organel tersebut masih dibagi lagi menjadi banyak struktur diantaranya yang amat sangat penting adalah Nukleus atau Inti sel. Organel ini berfungsi untuk mengatur segala kegiatan sel. Dari pernyataan tersebut dapat diartika bahwa nukleuslah yang memrintahkan seluruh anggota dari sel itu untuk melakukan hal yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan semua sel tubuh melaksanakan itu dengan baik sehingga terbentuk sebuah sistem dalam tubuh ini. Hasil dari sistem itu adalah kita masih bisa benafas hingga jam, menit, dan detik ini. Lalu apa pesannya? Mungkin beberapa dari kita bisa berfikir bahwa hal itu bisa saja muncul diulangan. Tapi ada yang lebih dari itu, ibaratkan saja jika nukleus itu adalah seorang pemimpin yang adil, dan seluruh bagian sel adalah jajaran pemimpin. Nukleus menggambarkan sebuah keteraturan dalam mengatur segala urusan yang dibangun oleh seorang pemimpin, sehingga membentuk sistem yang harmonis dalam sebuah kepemimpinan. Sehingga berakibat positif bagi seluruh alam raya nan megah ini. Dan kepatuhan seluruh anggota sel melambangkan jajaran pemimpin lain yang tak pernah lalai akan tugasnya. Bahkan yang sangat mengesankan adalah mereka tak satupun mencampuri urusan yang menjadi tanggung jawab anggota sel lain, sehingga semua tugas yang menjadi tanggung jawab masing-masing dapat terselesaikan dengan sangat baik.
 Dilain sisi jika salah satu bagian dari sel itu mengalami masalah tak peduli itu nukleus atau atau anggota sel lain tentunya sel tersebut tak akan berfungsi dengan baik dan bisa berakibat buruk bagi tubuh kita. Mungikin itu masih bisa diatasi tetapi pikirkanlah jika itu terjadi disebagian besar sel dalam tubuh. Lama kelamaan hal itu akan membuat tubuh kita tak mampu menghirup udara sejuk ini lagi. Sisi ini mengibaratkan bahwa suatu kepemimpinan efektif itu tak bisa dilalukan tanpa kerjasama yang kuat. Walaupun itu hanya satu anggota pimpinan yang hilang seluruh hal yang ada dalam kepemimpinan itupun akan kocar-kacir tidak jelas arahnya. Lalu jika hal ini terjadi dibawah kepemimpinan yang lain lama kelamaan negara nan indah ini pun akan mati sepeti sebuah bongkahan tubuh manusia yang ditinggal mati oleh seluruh tubuhnya.
Sungguh pesan yang sangat indah bukan? Pesan indah untuk petinggi-petinggi yang masih sanggup berdiri tegak di alam raya ini. Sungguh indah jika kita mampu mewujudkan pesan sel eukarioik yang sangat indah itu. Mungkin saja tempat dimana kita injak sekarang bisa menjadi sebuah bangsa yang membawa kehidupan untuk seluruh penghuni alam ini jika pesan indah dari si super kecil itu dapat terwujud. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
KEROHANIAN ISLAM SMA NEGERI 2 PATI © 2011 Theme made with the special support of Maiahost for their cheap WordPress hosting services and free support.