Makna Bedug dan Kentongan

 

Bedug dan kentongan merupakan dua benda yang sangat penting digunakan untuk pertanda bhwa wktu sholat fardhu tlah tiba sebelum adzan dikumandangkan .Bedug sendiri terbuat dari kulit sapi ataupun kambing yang sudah dikeringkan lalu, dipasang pda kayu yang sudah berbentuk tabung tanpa alas,tutup serta isi. Sedangkan Kentongan Terbuat dari kayu yg dilubangi memanjang sehingga menimbulkan bunyi yang khas .

Bunyi dari kedua benda itu mempunyai makna tersendiri . Menurut salah satu Guide di masjid agung Demak bunyi kentungan yg berbunyi “tong...tong..tong” memiliki arti kalau masjid ijeh kotong kata orang jawa alias masjid masih kosong,sedangkan,bunyi bedug yg berbunyi”deng...deng..deng” memiliki arti bahwa masjid ijeh sedeng kata orang jawa, alias masjid masih muat.Lha maka dari itu bedug dan kentongan dijadikan sebagai pembuka sebulum adzan karna bunyi dari kedua benda tersebut berisi ajakan untuk mengisi masjid yang masih kosong dan masih muat

0 komentar:

Posting Komentar

 
KEROHANIAN ISLAM SMA NEGERI 2 PATI © 2011 Theme made with the special support of Maiahost for their cheap WordPress hosting services and free support.