Skandal Bebasnya Gasdut


Tak ada ciptaan Allah yang  sia-sia, termasuk kentut. Orang yang tidak bisa kentut saja rela operasi jutaan rupiah untuk bisa kentut.
اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي الَّذِينَ يَذْكُرُونَ
خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلا سُبْحَانَكَ
فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Artinya:
(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS. Ali `Imran, 3:191)


Darimana gasdut berasal?
            70% gasdut berasal dari udara yang diimpor saat kita makan dan minum. Selebihnya produksi dalam negeri (usus besar) yang dihasilkan dari aktivitas mikroba yang mengurai  sebagian makanan berserat atau zat tepung yang tidak sempurna tercerna di usus halus. Penguraian ini menghasilkan zat-zat gas seperti metana dan hidrogen sulfida, serta gas-gas yang mengandung belerang lainnya.

Gasdut adalah campuran beragam gas oksigen, nitrogen, karbon dioksida dan metana yang kesemuanya ini bukan penyebab bau tidak sedap. Aroma tidak sedap pada gasdut adalah gas-gas yang mengandung belerang. Di antaranya hidrogen sulfida (bau telur busuk), methanethiol (bau sayur membusuk). Namun ada pula dimetil sulfida yang baunya sedap.

Mekanisme gasdut
Dalam saluran pencernaan, gasdut dihadang berbagai rintangan, mulai dari padatan dan cairan dengan kepadatan dan keenceran yang manekawerna. Hebatnya, flatulence/ flatulency/ flatus yang merupakan istilah ilmiah dari gasdut ini berhasil melewatinya.

Ghlogh? Bagaimana bisa gas yang seharusnya selalu mencari tempat yang lebih tinggi karena berat jenisnya, bisa dengan mudahnya bergerak ke bawah melewati katup pengeluaran. Lebih anehnya lagi, yang keluar itu kok hanya yang berbentuk gas saja, sedang padatan dan cairannya tidak ikut mbrojol saat kita kentut?

Peristiwa yang luar biasa itu terjadi karena kebesaran Allah yang menciptakan otot cincin yang membuka-tutup lubang gasdut tersebut. Otot lingkar ini dapat merasakan adanya gasdut dan mengatur pembebasannya sehingga padatan dan cairan tidak ikut mbrojol saat kita buangdut. Otot-otot dan jaringan terkait di seputar anus adalah organ ciptaan Allah yang Mahahebat, yang mampu membebaskan gasdut sekitar 10 kali per hari dengan sempurna, selama puluhan tahun usia manusia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
KEROHANIAN ISLAM SMA NEGERI 2 PATI © 2011 Theme made with the special support of Maiahost for their cheap WordPress hosting services and free support.