Dibalik Keriputnya buah Kurma

Gak terasa bulan Ramadhan sudah tiba ya. . . Pasti di rumah kalian banyak makanan khan. . ?? , Hehehe, , , Salah satunya pasti buah kurma. Bulan Ramadhan memang identik dengan kurma.
Nahh.. maka dari itu, pada subbab Tahukah Anta kali ini, kami juga akan membahas tentang buah manis berwarna coklat terang hingga gelap dengan sedikit keriput ini.
Kurma atau dalam bahasa ilmiahnya Dactylifera phoenix merupakan buah asli dari Semenanjung Arab, Timur Tengah, dan Afrika Utara. Warna kurma beragam dari coklat terang hingga mendekati warna hitam. Bentuknya pun berbeda beda, dari persegi panjang, bulat kecil hingga berukuran besar dan panjang.
Buah yang selalu exist saat Ramadhan ini, meskipun berkeriput tapi ternyata punya banyak manfaat lho. , ,  Mau tau. .?? , This is it, , ,
  • Numero une
Buah kurma mengandung vitamin A yang baik yang dapat memelihara kelembapan dan kejelian  mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit serta menenangkan sel-sel saraf.  Oleh karena itu, para dokter menganjurkan untuk memberikan beberapa buah kurma di pagi hari kepada anak-anak dan orang yang lanjut usia, agar kondisi kejiwaannya lebih baik.
  • Numero deux
Buah Kurma dapat meningkatkan kecerdasan seseorang. Kemungkinan hal inilah salah satu factor yang membuat para ilmuwan islam dulu menjadi genius. Makanya, kalau mau pintar, makan buah kurma! Hehehe.. Numpang ngiklan nih..
  • Numero trois
Buah kurma matang sangat kaya dengan unsure kalsium dan besi. Oleh karenaitu, sangat dianjurkan bagi perempuan yang sedang hamil dan yang akan melahirkan, bahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kepada Maryam Al-Adzra untuk memakannya ketika sedang nifas (setelah melahirkan). Kadar besi dan kalsium yang dikandung buah kurma matang sangat mencukupi dan penting sekali dalam proses pembentukan air susu ibu. Kadar zat besi dan kalsium yang dikandung buah kurma dapat menggantikan tenaga ibu yang terkuras saat melahirkan atau menyusui. Zat besi dan kalsium merupakan dua unsure efektif dan penting bagi pertumbuhan bayi.  Alasannya, dua unsure ini merupakan unsure yang paling berpengaruh dalam pembentukan darah dan tulang sumsum.
  • Kaping sekawan
Buah kurma adalah buah yang rendah lemak namun kaya akan serat dan prebiotik dan pitosterol, yang membantu mengendalikan kadar kolesterol. Kurma kaya akan selenium, kalium, magnesium, mangan, dan besi. Kandungan yang ada itu bisa meningkatkan kekebalan serta melindungi  jantung, membangun massa tulang, dan meningkatkan sel darah merah. Vitamin B dan C di dalamnya juga penting bagi kesehatan dan kekebalan tubuh. Asam lemak omega dalam kurma terbukti menyehatkan jantung, kulit, dan otak yang mirip dengan minyak zaitun.
  • Kaping gangsal
Kurma juga berfungsi sebagai buah detoksifikasi dan mengurangi radikal bebas dalam tubuh dengan kandungan karotenoid, polifenol, anthocyanin, proanthocyanidins oligomer, tannin, luteolin, quercetin, dan apigenin.
  • Dan yang keenam
Kurma sangat dianjurkan sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Ada hal yang sudah ditetapkan dalam bidang kedokteran bahwa gula dan air merupakan zat yang pertama kali dibutuhkan orang berpuasa setelah melalui masa menahan makan dan minum. Berkurangnya glukosa (zat gula) pada tubuh dapat mengakibatkan penyempitan dada dan gangguan pada tulang-tulang. Dilain pihak, berkurangnya air dapat melemahkan dan mengurangi daya tahan tubuh. Hal ini berbeda dengan orang berpuasa yang langsung mengisi perutnya dengan makanan dan minuman ketika berbuka. Padahal ia membutuhkan tiga jam atau lebih agar pencernaannya dapat menyerap zat gula tersebut. Oleh karena itu, orang yang menyantap makanan dan minuman ketika berbuka puasa tetap dapat merasakan fenomena kelemahan dan gangguan-gangguan jasmani akibat kekurangan zat gula dan air.
Jadi, sungguh cocok jika kalian memilih kurma sebagai menu berbuka untuk memulihkan energy setelah seharian berpuasa, karena seperti yang telah dipaparkan di atas, Buah Kurma memiliki banyak sekali manfaat di samping rasanya yang memang manis dan lezat.. Hmm….. P:
Oke, sekian dulu, semoga bermanfaat ya…

0 komentar:

Posting Komentar

 
KEROHANIAN ISLAM SMA NEGERI 2 PATI © 2011 Theme made with the special support of Maiahost for their cheap WordPress hosting services and free support.