Ahlan wa Sahlan Yaa Ramadhan....!!

Wah, sobat Basmalah,  nggak kerasa ya Bulan Ramadhan udah tiba. Kok rasanya cepet banget ya? Atau malah kita yang gak peduli dengan kedatangan Bulan mulia tersebut, sehingga persiapan pun ala kadarnya atau bahkan NOL!!?? Padahal Rasulullah SAW selalu mempersiapkan kedatangan bulan Ramadhan dua bulan sebelumnya. Bahkan menurut firman Allah, jika semua orang di dunia mengetahui keutamaan Bulan Ramadhan, niscaya mereka akan menginginkan semua bulan dalam setahun adalah bulan Ramadhan. Di Bulan Ramadhan ini kan ada ‘diskon dosa gede-gede-an’, ‘obral pahala mpe puas’, ‘doorprize special lailatul qadar’ dan masih banyak lagi keistimewaan-keistimewaan lainnya. Nah menggiurkan bukan? Oleh karena itu, di sini kami akan membagikan sedikit tips buat kalian untuk menghadapi puasa. Walaupun Cuma secuwil, kami harap bisa bermanfaat bagi kalian semua. Tapi jangan Cuma dibaca aja yach!! Di praktekin juga.
  • Niat adalah modal penting untuk melakukan puasa, karena riset membuktikan bahwa jumlah asam lambung orang yang berpuasa lebih rendah dibandingkan orang yang menahan lapar (tanpa niat berpuasa). Ini disebabkan karena niat akan menekan pusat lapar di otak agar siap menahan lapar sampai waktu berbuka.
  • Mengakhirkan makan sahur. Sahur adalah hal terpenting untuk menghadapi puasa. Karena tanpa sahur kita tidak punya cadangan energi untuk beraktifitas selama puasa, dan membuat kadar gula dalam darah akan cepat turun, sehingga menyebabkan seseorang mudah loyo, lemes dan mudah marah.
  • Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula, karena akan menyebabkan tubuh lebih cepat menghasilkan insulin untuk menetralkan kadar gula dalam darah, sehingga membuat tubuh kita cepat lemas. Usahakan perbanyak mengkonsumsi protein saat sahur, karena protein lebih lama proses penyerapannya, sehingga kita tidak cepat merasa lapar.
  • Segerakan untuk berbuka saat waktunya tiba. Jangan mentang-mentang masih kuat puasa trus jadi menunda waktu berbuka puasa, itu adalah hal yang tidak benar. Jangan lupa konsumsi makanan yang manis-manis, karena lebih cepat diubah ke energi saat perut sedang kosong. Jangan makan terlalu kenyang, hal ini dapat menyebabkan kamu cepat ngantuk karena darah lebih banyak mengalir ke pencernaan daripada ke otak.
  • Sebaiknya jika mau berolahraga jangan saat seusai sahur, hal ini dapat menyebabkan kalian cepat lemas. Waktu yang tepat untuk berolahraga adalah beberapa jam sebelum waktu buka.
  • Saat berpuasa pasti mulut kalian akan berbau tak sedap bukan? Penyebabnya karena kelenjar mulut berkurang sehingga mulut serasa asam dan bau. Makanya seusai santap hidangan sahur segeralah membersihkan mulut.
  • Jangan sampai kehilangan kesempatan!
Tantangan untuk berbuat kebaikan di Bulan Ramadhan emang besar, apalagi dengan kondisi dunia yang makin acakadut begini. Emang sih di bulan lain juga ada tantangan yang besar juga, tapi bulan ini kan bulan yang istimewa. Semua reward special ada di bulan ini dan Allah pun telah memberikan perintah kepada kita untuk rajin-rajin mengumpulkan amal yang thoyyiban, tapi karena tantangan yang menghadang juga besar jadi butuh kekuatan besar untuk menghancurkan tantangan tersebut. Jadi, kekuatan kitalah yang menentukan serajin apa kita mengumpulkan kebaikan di bulan ini. So, kita harus berusaha, mantapkan hati dan pikiran untuk menghadapi bulan ini agar kita bisa mendapatkan kebaikan-kebaikan yang tersebar di bulan ini, rugi dunk kalo kita gak dapat apa-apa di bulan suci ini. Seperti hadits ini nih: “Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan keberkahan, Allah mengunjungimu pada bulan ini dengan menurunkan rahmat, menghapus dosa-dosa dan mengabulkan do’a. Allah melihat berlomba-lombanya kamu pada bulan ini dan membanggakanmu pada para malaikat-Nya, maka tunjukkanlah kepada Allah hal-hal yang baik dari dirimu. Karena orang yang sengsara ialah yang tidak mendapatkan rahmat Allah di bulan ini.” (H.R. Ath-Thabrani). Tuh baca, nggak mau jadi orang-orang yang rugi kan?
  • Jikalau Godaan menghadang.....
  1. Bekali diri dengan ilmu tentang keutamaan Ramadhan dan segala hal yang masih satu keluarga dengan itu, dengan adanya bekal ilmu yang cukup, kita tidak akan mudah terbawa arus. Penuhi pikiran dengan Ramadhan, sehingga segala arah dan aktifitas kita tertuju pada Ramadhan.
  2. Buat pesan-pesan ‘Larangan’ apa-apa aja yang gak boleh di lakukan di bulan Ramadhan. Seperti: “Baca novel islami! Jangan baca komik melulu”, “pake pakaian yang bener!”, “jangan mojok dengan sang kekasih terus!”, “Baca Al-Qur’an, kurangi nonton drama korea!” dll.
Nah, setelah semuanya siap, marilah kita baca bismillah, mantapkan hati, jiwa dan pikiran kita untuk menghadapi Bulan penuh berkah ini dan terus langkahkan kaki kita untuk mencapai kemenangan (pada bulan depan).

0 komentar:

Posting Komentar

 
KEROHANIAN ISLAM SMA NEGERI 2 PATI © 2011 Theme made with the special support of Maiahost for their cheap WordPress hosting services and free support.